PEMANTAUAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU KUNTHI

Mas Carik 02 September 2024 20:41:23 WIB

Umbulrejo ( Sida ) Senin 2 September 2024 Posyandu Kunthi Padukuhan Blimbing Kalurahan Umbulrejo Kapanewon Ponjong Melaksanakan Kegiatan PSG bagi Balita, Pemantauan Status Gizi (PSG) adalah kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau perkembangan status gizi balita. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan cepat tentang kasus gizi buruk pada balita. 

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan dalam kegiatan PSG: Penimbangan berat badan, Pengukuran panjang atau tinggi badan, Pengukuran lingkar kepala. 

Hasil pengukuran tersebut akan dicatat dalam Kartu Kembang Anak (KKA). Kegiatan PSG dapat dilakukan oleh petugas gizi puskesmas, bidan, kader posyandu, dan kader Bina Keluarga Balita (BKB). 

Status gizi balita dinilai dengan membandingkan hasil pengukuran berat badan dan panjang/tinggi badan dengan standar antropometri anak. Status gizi balita dapat menunjukkan apakah balita mengalami stunting, wasting, kelebihan berat badan, atau kekurangan berat badan. 

Untuk mencegah stunting, Anda dapat membawa balita ke Posyandu setiap bulan untuk memantau tumbuh kembangnya. Anda juga perlu mempelajari kurva pertumbuhan anak dan memenuhi kebutuhan zat gizi anak sesuai dengan AKG (Angka Kecukupan Gizi)./bps

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung