KIPRAH KWT " MEKAR TANI SLADI "

Mas Carik 25 November 2023 17:29:26 WIB

Sladi ( Sida Umbulrejo ) Kelompok Wanita Tani merupakan wadah bagi masyarakat, khususnya kaum wanita untuk mengelola serta mengekspresikan berbagai pemikiran dibidang pertanian serta sebagai sarana memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan bagi anggota kelompok, sehingga kegiatan kelompok yang diharapkan dapat kreatif dan mengikuti perkembangan zaman dalam rangka ikut andil dalam menunjang Ketahanan Pangan Tingkat Kalurahan.

Petani berperan penting sebagai salah satu tonggak penghasil pangan. Petani wanita juga memiliki peran yang hampir sama dengan petani laki-laki, bahkan mereka terlibat langsung dalam berbagai tahap kegiatan, khususnya pada saat masa tanam. Di era globalisasi seorang wanita yang pada mulanya sebagai ibu rumah tangga, mulai merubah dan turut serta secara lngsung membantu mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Kelompok Wanita Tani (KWT) perlu ditingkatkan sehingga potensinya yang besar dapat dimanfaatkan serta peranannya sebagai mitra kerja laki-laki secara serasi.

Untuk memperkuat kelembagaan petani dan memfokuskan pembinaan, bertempat di Balai Kelompok Wanita Tani “ Mekar Tani Sladi “, Kalurahan Umbulrejo Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul, diselenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi ,Kamis (23/11/2023), untuk membahas hasil tanam waktu kemarau yaitu Timun, Terong, Sawi dan bayam dengan memakai pupuk organik yang kebertulan kelompok Wanita Tani “ Mekar Tani Sladi “ menjadi binaan Instiper Yoygakarata ( Institut Pertanian Yogyakarta )

Rapat dibuka oleh Dukuh Sladi  ( Dwi Nurhayati, STP ) yang juga kebetulan Alumni Instiper Yogyakarta dan di hadiri oleh seluruh anggota KWT. 

Pada kesempatan itu dibahas mengenai pemanfaatan lahan tidur yang ada diwilayah padukuhan sladi serta pemanfaatan lorong - lorong atau gang - gang yang bisa di buat untuk lorong sayur. Selain itu disampaikan oleh Dukuh Sladi bahwa Kelompok Wanita Tani “ Mekar Tani Sladi “ mendapatkan tambahan modal usaha dari Instiper Yogyakarta untuk dapat meningkatka ketahanan Pangan Tingkat Kalurahan./ bps.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung