PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH PASIEN TERKONFIRMASI COVID-19 KALURAHAN UMBULREJO

om sigit 02 September 2021 08:41:35 WIB

Umbulrejo --- (SIDA). Rabu, 1 September 2021 Pemerintah Kalurahan Umbulrejo mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah terkonfirmasi Covid-19 yang di ikuti oleh 25 orang peserta dari perwakilan Kelompok Jaga Warga masing-masing padukuhan, perwakilan dari tokoh-tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Aula Kalurahan Umbulrejo.

Selama pandemi Covid-19 ini, masih ada masyarakat yang kurang mengerti tentang cara pemulasaran jenazah yang terpapar penyakit. Dimana pemulasaran Jenazah harus sesuai SOP dan protokol kesehatan, terutama untuk pemulasaran jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, penyakit menular , dan penyakit infeksius lainnya.

Lurah Umbulrejo, Wakimin selaku Ketua Satgas Covid-19 Kalurahan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan agar kedepannya dapat terbentuk kelompok-kelompok atau tim pemulasaraan jenazah untuk tiap-tiap padukuhan, dan bukan hanya untuk jenazah terpapar Covid-19 saja melainkan juga untuk jenazah penyakit infeksius lainnya maupun jenazah yang meninggal secara normal. Dengan diadakannya pelatihan tersebut, apabila terjadi kasus pasien Covid-19 meninggal di wilayahnya, warga setempat dapat menangani jenazah dengan aman dan sesuai dengan prosedur benar. Pelatihan ini juga bertujuan agar tim relawan jadi lebih paham bagaimana prosedur pemulasaraan jenazah infeksius yang benar dan tepat. Selain itu juga agar terjadi pemutusan rantai penularan Covid-19 di masa pandemi Covid-19, meskipun kami tetap berharap tidak terjadi hal terburuk (meninggal dunia)  akibat covid-19 khususnya di Kalurahan Umbulrejo", terang Wakimin Lurah Umbulrejo.

Selanjutnya acara di isi dengan penyampaian materi pelatihan serta praktek pemulasaraan jenazah pasien covid-19 mulai dari persiapan pemulasaraan, tata cara pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, perlakuan terhadap jenazah pasien covid-19 sejak dinyatakan meninggal, memandikan, mengkafani, mensholatkan bagi yang beragama muslim hingga pemakaman dan pembersihan sisa-sisa, serta desinfeksi lingkungan sekitar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung