Pelatihan Budidaya Ikan di Telaga

ard 10 Maret 2021 09:52:07 WIB

Umbulrejo----(SIDA) 

Selasa, 9 Maret 2021 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul melalui Seksi Perbenihan dan Produksi Bidang Perikanan Budidaya melaksanakan Pelatihan Budidaya di Dusun Saldi Kalurahan Umbulrejo Kapanewon Ponjong, tepatnya di Pendopo Dewi Mengger. Hari pertama pelaksanaan Pelatihan Budidaya Ikan di Telaga ini dihadiri seluruh pengelola Waduk Beton, unsur pamong kalurahan serta Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntaringsih, SE pun turut serta hadir dalam kegaiatan ini.

 

Disela-sela materi yang disampaikan, DKP menyarankan kepada pengelola telaga agar membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). Beliau menyampaikan bahwa setiap telaga umumnya sudah memiliki pokmaswas hanya saja sebagian besar pokmaswas tersebut belum dikukuhkan atau belum memiliki legalitas. Dengan tidak adanya legalitas tersebut fungsi pengawasan tidak berjalan maksimal dikarenakan tidak adanya payung hukum yang menyertai kegiatan pengawasan yang dilakukan.

Legalitas ini penting mengingat masih banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan masyarakat dalam pengelolaan telaga seperti penggunaan bahan atau alat yang dilarang untuk menangkap ikan. Dengan adanya legalitas tersebut pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dapat ditindak oleh pokwasmas menurut Undang-Undang yang berlaku.

Sistem pengelolaan yang digunakan adalah sistem bergilir tiap tahun dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember. Air telaga yang tidak pernah kering menjadi keuntungan tersendiri bagi pengelola dikarenakan sepanjang tahun dapat dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya ikan dan pariwisata. Mengenai kuantitas air, pengelola menyampaikan kedalaman air pada musim penghujan kurang lebih 56 meter sedangkan pada musim kemarau kedalaman air berkurang menjadi 1,5-2 meter.

Sistem 5W 1H (What, When, Who, Why, Where, How) yang disampaikan , dalam paparannya diharapkan dijadikan dasar oleh pengelola Waduk Beton ini dalam budidaya ikan agar produksi yang dihasilkan dapat maksimal, berkualitas dan bermanfaat bagi pengelola dan masyarakat sekitar pada umumnya. (ard)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung