MUSRENBANGDES PENCERMATAN RKP DESA TAHUN 2018 DAN USULAN RKP DESA TAHUN 2019

ard 26 September 2017 20:00:57 WIB

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

( MUSRENBANGDES )

PENCERMATAN RKP TAHUN 2018

DAN USULAN RKP TAHUN 2019

 

Umbulrejo ( SIDA ), 26 September 2017 Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Dalam Peroses Untuk melahirkan perencanaan pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat, Pemerintah Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul bekerja sama saling bahu bersama seluruh komponen masyarakat dan kelembagaan desa melaksanakan Tahap Demi Tahap Perencanaan Pembangunan Desa yang Partisipatif dan berkesinambungan.

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong. Kabupaten GUnungkidul untuk rencana program pembangunan tahun 2018 yang telah selesai dilaksankan pada hari ini Selasa 26 September 2017, di mulai dari pukul 13.00. sampai pukul 17.00 di Aula Kantor Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul berlangsung cukup meriah dan seru, karena Para pelaku pembangunan yang meliputi dari unsur RT, RW, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, di hadiri juga oleh Tim dari Kecamatan Berbagi hati dan pemikiran untuk menindaklanjuti Perencanaan Pembangunan Desa tersebut.

 

Pembukaan MUSRENBANGDES Desa Umbulrejo

Dipandu Oleh Bapak Hardi Selaku Sekretaris Desa ( Pembawa Acara ) sekaligus sebagai Ketua Tim Perumus RKP Desa, Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul.

  1. Bapak Wakimin selaku Kepala Desa
  2. Bapak Drs. Kapeyono selaku Ketua LPMD
  3. Bapak Margana, BA selaku Ketua BPD
  4. Bapak Agus Pramuji, S.Sos. Kasi PMD selaku perwakilan dari Kecamatan Ponjong
  5. Ibu Ismi Rahayu, SE. Kasi Pemerintahan selaku perwakilan dari Kecamatan Ponjong.

 

Proses jalannya Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) Tahun 2017 di buka oleh Bapak Hardi selaku Sekertaris Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong yang kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Bapak Wakimin Selaku Kepala Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong dan ditindak lanjutidari berbagai unsur perwakilan atau Tim dari Kecamatan.

Beberapa Usulan Tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini yang dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak kecamatan maupun pihak Pemerintah Desa Umbulrejo sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terbangunnya usulan yang di rencanakan menjadi skala prioritas untuk usulan RKPDes.

 

Pada Musrembang kali ini Kepala Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong menegaskan prioritas utama yang tetap menjadi perhatian diantaranya Pembangunan Infrastruktur yang menjadi pasilitas umum seperti jalan Desa di harapkan diseluruh dusun bisa di dibangun semua , Sarana dan prasarana kegiatan Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan yang berbasis penangulangan kemiskinan seperti RTLH juga mesti di optimalkan dengan melihat potensi yang ada.

Selanjutnya setiap Padukuhan mengajukan usulan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Paling banyak usulan di bidang pembangunan, yakni mulai Rabat Beton ( Cor Blok ), Drainase, Normalisasi Irigasi, Jalut, Gedung Paud dan lain-lain. Selain dari bidang pembangunan banyak juga usulan-usulan yang lain terkait peningkatan kesejahteraan lembaga dan masyarakat.

 

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, secara tegas  meminta kepada pemerintah desa agar supaya apa yang menjadi usulan masyarakat yang sifatnya prioritas, harus terus diperjuangkan oleh pemerintah agar kedepannya juga mendapat manfaat bagi masyarakat banyak. “kami hanya mengusulkan kegiatan yang jadi prioritas utama untuk pembangunan di tahun 2019 mendatang, itulah yang harus kita godok supaya masyarakat tidak kecewa atas usulan mereka yang tidak di setujui oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Sebagai akhir dari musyawarah Musrenbangdes 2017 untuk tahun 2018 serta Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2019 Pihak Pemerintah Desa Umbulrejo membagikan daftar usulan yang telah disepakati untuk di ketahui oleh masing-masing dusunnya agar masyarakat paham dan tahu akan arah dan tujuan dari kegiatan pembangunan Desa. ( BPS )

 

Komentar atas MUSRENBANGDES PENCERMATAN RKP DESA TAHUN 2018 DAN USULAN RKP DESA TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung