72 TAHUN INDONESIA TELAH MERDEKA

ard 15 Agustus 2017 05:29:22 WIB

Umbulrejo ( SIDA ) Selasa 15 Agustus 2017, Republik Indonesia merdeka pada Jum'at tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dengan dibacanya Proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampingnya, yang bertempat diJl. Pegangsaan Timur no 56 diJakarta Pusat.

Pada tanggal 6 Agustus 1945 sebuah bom atom meledak di kota Hirosima, Jepang yang ada pada saat itu sedang menjajah Indonesia, dan terbentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang didirikan oleh Pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945yang beranggotakan 63 orang.kemudian berganti pada tanggal 7Agustus 1945 menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia),dan pada tanggal 9 Agustus Bom atom kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat Negara Jepang menyerah Kepada Amerika Serikat.

Momen ini dimanfaatkan Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya, pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar lewat radio bahwa jepang telah menyerah pada sekutu, yang membuat para pejuang Indonesia semakin mempersiapkan kemerdekaannya, saat kembalinya Ir. Soekarno dari Dalat, Sutan Syahrir mendesak kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 15 Agustus 1945Jepang benar - benar menyerah pada sekutu. pada dini hari 16 Agustus 1945 para pemuda membawa Soekarno beserta Istri , Anaknya dan Moh.Hatta di bawa ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Di Jakarta Wikana dan Mr. Ahmad Soebarjo menyetujui untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia,maka diutuslah Yusuf Kunto menjemput Soekarno dan Keluarga serta Moh. Hatta kembali ke jakarta ia dibawa ke rumahnishimura dan di bawa kembali ke rumah Laksamana Maeda. untukmembuat konsep kemerdekaan. teks kemerdekaan pun disusun pada dini hari yang diketik oleh Sayuti Melik, pagi harinya 17 Agustus 1945 di Kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56. dan dibacakan tek Proklamasi itu pada pukul 10.00 WIB dan dikibarkanya Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati, dan disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945,dan terbentuknya NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden )

Kini telah 72 Tahun NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) telah merdeka tugas kita sebagai kaum muda penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan  kegiatan pembangunan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dan harus setia kepada Pancasila dan UUD 1945 sertamempertahankan NKRI....... NKRI harga mati. ( BPS ).

Komentar atas 72 TAHUN INDONESIA TELAH MERDEKA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung