SIAGA VIRUS RUBELLA DESA UMBULREJO

ard 14 Agustus 2017 21:31:00 WIB

Umbulrejo ( SIDA ), Senin 14 Agustus 2017, Rubela atau campak Jerman adalah infeksi virus yang diitandai dengan ruam merah padakulit. Rubelaumumnya menyerang anak - anak dan remaja.

Penyakit ini disebabkan oleh Virus Rubella dan dapat meyebar dengan sangat mudah. Penularan utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Berbagai makanan dan minuman dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita juga dapat menularkan rubella. Sama halnya jikaanda menyentuh mata,hidung, atau mulut anda setelah memegang benda yang terkontaminasi virus rubella.

Walau sama- sama meyebabkan ruam kemerahan pada kulit, rubella berbeda dengan campak.Penyakit ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan campak. Tetapi jika menyerang wanita yang sedang hamil, terutama sebelum usia kehamilan lima bulan,rubela berpotensi tinggi untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital atau bahkan kematian bayi dalam kandungan.

Sindrom rubella kongenital dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, seperti tuli, katarak, penyakit jantung kongenital, kerusakan otak, organ hati, serta paru -paru.

Penderita rubella pada anak - anak cenderung mengalami gejala -gejala yang lebih ringan dari pada dewasa. Tetapi ada juga penderita rubella yang tidak mengalami gejala apapun dan tetap dapat menularkan rubella. Penyakit ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 14 - 21 hari sejak terjadi pajanan sampai menimbulkan gejala. Gejala - gejala rubela meliputi :

  1. Demam
  2. Sakit Kepala
  3. Hidung tersumbat
  4. Tidaknafsu makan
  5. Iritasi Ringan pada mata
  6. Pembengkaan kelenjar limfa pada telinga dan leher
  7. Ruam berbentuk bintik -bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya berlangsung selama 1-3 hari.
  8. Nyeri pada sendi, terutama pada penderita remaja wanita.

Begitu terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 5 hari hingga 1 minggu. Masa penularan tertinggi penderita rubella biasanya pada hari 1-5 hari setelah ruam muncul ( diambil dari berbagi sumber ).

Puskesmas I Ponjong bekerja sama dengan Sekolah -sekolah dasar dan Kader Kesehatan Desa berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Rubella ini dengan melakukan Imum Campak Rubela. ( BPS )

Dokumen Lampiran : RUBELLA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung