CERITA DARI SEORANG PENGAGUM KEINDAHAN PERUT BUMI GOA GREMENG

ard 13 Agustus 2017 11:32:00 WIB

GOA GREMENG

Aku punya kesukaan baru. Menyusuri perut bumi melalui gua. Cave Tubing, demikian ia juga disebut. Belum mencandu, tetapi percobaan pertama membuatku ingin lagi. Percobaan kedua, dengan rute lebih panjang dan jeram di dalam gua, membuatku makin menyatakan suka.

Awalnya aku belum bisa membedakan antara Caving dengan Cave Tubing. Setelah menyelisik lebih dalam, rupanya cave tubing adalah perpaduan antara caving (menyusuri gua) dengan rafting menggunakan rubber tube (ban). Nah, inilah yang kusuka, mengapung di atas ban, mengalir pelan, mengintip ?kerja? semesta di dalam bumi.

Di dalam sana, ketakjuban bukan hanya pada stalagtit yang menjulur, ada yang runcing, ada yang tumpul dan kadang masih meneteskan air, atau pada stalagmit yang muncul dari permukaan air, tetapi pada keseluruhan proses yang ada di dalam goa. Di saat kelindan semesta di atasnya telah menjadi derap langkah kita sehari-hari, diam-diam di bawahnya terjadi pula proses yang melahirkan keajaiban-keajaiban semesta. Betapa tiap ceruk bumi berdialektika pada ranahnya masing-masing.

Inilah sekali lagi sebuah penekanan keyakinan bahwa semua yang ada di semesta ini bergerak. Pembentukan stalaktit dan stalagmit yang membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun adalah denyut kecil semesta yang bekerja dengan sendirinya. Cave Tubing sekali lagi memberikan aksentuasi padaku, bahwa dalam sunyi pun ada pergerakan, unsur-unsur yang berkolaborasi diam-diam antara air dan mineral membentuk wujud baru yang kokoh. Ini mengingatkan kembali, jika dimanifestasikan pada kehidupan manusia, bahwa langkah-langkah kecil manusia, serenik apapun itu akan tercatat oleh semesta.

GOA GREMENG terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul adalah merupakan Goa Horisontal yang di dalamnya teraliri sungai bawah tanah sepanjang 1250 meter. Susur goa Gremeng saat ini menjadi incaran wisatawan khusus karena merupakan satu-satunya susur goa yang terpanjang yang berada di Gunungkidul.
Bersama Tim Pemandu yang ahli dan berpengalaman, anda akan diajak menikmati keindahan alam di dalam Goa.

Anda tertantang.....????
Mari kita buktikan..... !!!

Sumber : Fb Nugroho Catur

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung